Apakah Benar, Manusia Yang Pertama Melakukan Peradaban di Bumi?

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa, para manusia terus berusaha untuk mengembangkan berbagai teknologi agar dapat membentuk koloni di Mars maupun Venus. Dengan kata lain, manusia berusaha untuk membuat peradaban pertama dikedua planet tersebut. Akan tetapi, bagaimana jika hal ini dikembalikan ke bumi? Pernahkan terpikirkan oleh Anda, benarkah bahwa manusia yang melakukan peradaban pertama di bumi ini? Yaps, mungkin pertanyaan yang diajukan tersebut terkesan aneh bahkan absurd. Tetapi inilah yang menjadi penelitian dan inti sebuah makalah ilmiah terbaru yang ditulis oleh Adam Frank, seorang astrofisikawan dari University of Rochester dan Gavin Schmidt, direktur Institut Goddard NASA untuk Studi Luar Angkasa.

Okey guys, sebelum kita masuk kedalam inti pembahasan, terlebih dahulu ada baiknya kita sedikit mengetahui tentang sejarah bumi. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini..

Sedikit Ulasan Mengenai Bumi

Sejarah Bumi berkaitan dengan perkembangan planet Bumi sejak terbentuk sampai sekarang. Hampir semua cabang ilmu alam telah berkontribusi pada pemahaman peristiwa-peristiwa utama di Bumi yang sudah lampau. Usia Bumi ditaksir sepertiganya usia alam semesta. Sejumlah perubahan biologis dan geologis besar telah terjadi sepanjang rentang waktu tersebut.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar (4,54×109) tahun yang lalu melalui akresi dari nebula matahari. Pelepasan gas vulkanik diduga menciptakan atmosfer tua yang nyaris tidak beroksigen dan beracun bagi manusia dan sebagian besar makhluk hidup masa kini. Sebagian besar permukaan Bumi meleleh karena vulkanisme ekstrem dan sering bertabrakan dengan benda angkasa lain. Sebuah tabrakan besar diduga menyebabkan kemiringan sumbu Bumi dan menghasilkan Bulan. Seiring waktu, Bumi mendingin dan membentuk kerak padat dan memungkinkan cairan tercipta di permukaannya. Bentuk kehidupan pertama muncul antara 2,8 dan 2,5 miliar tahun yang lalu. Kehidupan fotosintesis muncul sekitar 2 miliar tahun yang lalu, nan memperkaya oksigen di atmosfer. Sebagian besar makhluk hidup masih berukuran kecil dan mikroskopis, sampai akhirnya makhluk hidup multiseluler kompleks mulai lahir sekitar 580 juta tahun yang lalu. Pada periode Kambrium, Bumi mengalami diversifikasi filum besar-besaran yang sangat cepat.

Perubahan biologis dan geologis terus terjadi di planet ini sejak terbentuk. Organisme terus berevolusi, berubah menjadi bentuk baru atau punah seiring perubahan Bumi. Proses tektonik lempeng memainkan peran penting dalam pembentukan lautan dan benua di Bumi, termasuk kehidupan di dalamnya. Biosfer memiliki dampak besar terhadap atmosfer dan kondisi abiotik lainnya di planet ini, seperti pembentukan lapisan ozon, proliferasi oksigen, dan penciptaan tanah.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah bumi yang harus kita ketahui. Yaudah yuk langsung aja kita lanjut ke inti pembahasan yang akan kita bahas di artikel ini….

Sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan di International Journal of Astrobiology mengajukan pertanyaan yang menarik: “Apakah mungkin untuk mendeteksi peradaban industri dalam catatan geologis?” Dengan kata lain, “Bagaimana kita benar-benar tahu peradaban kita adalah satu-satunya yang pernah ada di bumi?”. Pikirkan tentang itu. Bukti paling awal yang kita miliki tentang manusia adalah 2,6 juta tahun yang lalu, periode Kuarternary. Bumi berusia 4,54 miliar tahun. Yang meninggalkan 4.537.400.000 tahun tidak terhitung, banyak waktu untuk bukti peradaban industri sebelumnya menghilang menjadi debu.

Makalah ini berkembang dari percakapan antara rekan penulis Gavin Schmidt, direktur Institut Goddard NASA untuk Studi Luar Angkasa, dan profesor astrofisika Adam Frank. Mereka menamai laporan mereka “The Silurian Hypothesis”. Nama ini terinspirasi dari ras reptil fiksi cerdas dalam serial fiksi ilmiah Doctor Who.

Dalam studi yang diterbitkan ini, Frank dan Schmidt tiba-tiba mempertanyakan, apa jejak peradaban manusia yang akan ditinggalkan dan bagaimana ilmuwan masa depan tahu bahwa kita merupakan satu-satunya saat ada peradaban di planet kita sendiri?

“Pertanyaan-pertanyaan ini memang membuat berpikir tentang masa depan dan masa lalu dengan cara yang berbeda, termasuk bagaimana peradaban skala planet akan tumbuh dan punah”, ujar Frank dikutip dari Newsweek, Rabu (18/04/2018).

Dan saat ini, para peneliti melihat sidik jari geologi dari Anthropoce untuk menunjukkan usia geologi di mana aktivitas manusia yang jadi pengaruhnya.

Manusia yang Lebih Awal atau Sesuatu yang Lain?

Salah satu implikasi mengejutkan dari pertanyaan penulis adalah bahwa hal itu berarti, setidaknya sejauh yang dapat kita katakan dari catatan geologi yang tersedia, bahwa peradaban industri sebelumnya tidak dapat menjadi manusia, atau setidaknya bukan homo sapiens atau sepupu kita. Hal ini berdampak pada catatan geologis meski industrialisasi baru mulai sekitar 300 tahun lalu. Jadi, orang lain harus menjadi spesies cerdas lain yang tidak memiliki bukti, dan karenanya kita tidak tahu apa-apa tentang itu. Schmidt menyebut gagasan beberapa peradaban non-manusia sebelumnya sebagai “hipotesis Siluria”, yang dinamai reptil cerdas yang ditampilkan dalam episode 1970 Dr. Who.

Bukankah Akan ada Fosil?

Yah, tidak. “Fraksi kehidupan yang menjadi fosil selalu sangat kecil dan bervariasi secara luas sebagai fungsi waktu, habitat dan tingkat jaringan lunak versus cangkang keras atau tulang,” kata koran itu, tercatat lebih lanjut bahwa, bahkan untuk dinosaurus, hanya ada beberapa ribu spesimen yang hampir lengkap. Dengan suhu Chillingly, “spesies yang berumur pendek seperti Homo Sapiens (sejauh ini) mungkin tidak terwakili dalam catatan fosil yang ada sama sekali.”

Peluang pengawetan benda sama kecilnya. Ide kita tentang tua adalah sesuatu seperti mekanisme Antikythera dari 205 SM, dan makalah ini menyimpulkan bahwa untuk “peradaban potensial yang lebih tua dari sekitar 4 juta tahun, kemungkinan kecil menemukan bukti langsung keberadaan mereka melalui objek atau contoh fosil dari populasi mereka”.

Bukti Apa yang akan Ditinggalkan?

Schmidt dan Frank menegaskan bahwa yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat katalog jenis bukti bahwa era Anthropocene kita akan pergi, yang bisa bertahan ratusan juta tahun. Tentu saja itu tidak banyak

Isotop Telltale: Penggunaan kami karbon dalam bahan bakar fosil menipiskan jumlah isotop 14CO2 di atmosfer, sebuah fenomena yang disebut “efek Seuss.” Peningkatan suhu juga meninggalkan bukti isotop. Kedua hal ini dapat dideteksi oleh ahli geologi masa depan (tidak peduli berapa banyak lengan, kaki, atau mata yang mereka miliki) jika mereka menggali lapisan batuan yang sekarang terbuka.

• Efek Pupuk: Pupuk nitrogen yang kita gunakan untuk menanam makanan mengalir ke sungai, menghasilkan aktivitas konsentrasi mikroba yang lebih tinggi di daerah pesisir di mana sungai-sungai ini bertemu dengan laut. Hasil penguraian alga yang tumbuh di daerah ini mencuri oksigen dari air, menghasilkan peningkatan zona mati lautan, yang semuanya harus terlihat dalam lapisan sedimen.
  • Bahan Tanah Langka: Elemen tanah langka yang telah kita gali untuk digunakan dalam elektronik kita akan muncul dalam konsentrasi yang jelas di lapisan permukaan dari era kita.
  • Steroid dan sejenisnya: Bahan kimia sintetis yang kami hasilkan, seperti steroid, itu juga dapat tetap terlihat dalam catatan geologis.
  • Kepunahan: Seperti yang ditulis oleh kertas, “spesies sudah atau kemungkinan menjadi punah dan menghilangnya mereka dari catatan fosil akan terlihat.”
  • Plastik, plastik, plastik: Semua plastik yang kami produksi dan yang dipecah menjadi partikel-partikel yang pada akhirnya akan menempel di dasar laut dan kemungkinan akan tetap berada di lapisan sedimen untuk waktu yang sangat lama.
  • Cahaya Radioaktif: Plutonium-244 dan Curium-247 dari ledakan dan limbah nuklir akan tetap ada untuk sementara waktu: Sekitar 80,8 juta tahun (Plutonium) dan 15 juta tahun (Kurium).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa, isu yang dikemukakan oleh Frank dan Schmidt ini berkenaan dengan dampak beradaban planet. Yang nantinya hal ini juga implikasi pada eksplorasi terhadap planet lain seperti Mars ataupun Venus.

“Kita tahu bahwa Mars awal dan mungkin Venus awal lebih layak huni dibanding sekarang, dan mungkin saja suatu hari nanti kita juga menelusuri sedimen geologi disana”, kata Schmidt. “Ini membantu kita berpikir tentang apa yang harus dicari di sana”, sambungnya.

Nah, jadi itu sedikit pembahasan mengenai benarkah bahwa manusia yang pertama melakukan peradaban di bumi, yang dikutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat…