Tidak Seperti Yang Dipikirkan, Inilah Yang Terjadi Ketika Hewan Laut Makan Plastik

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa plastik telah menjadi bagian besar di kehidupan kita sehari-hari. Sampai-sampai kita tidak pernah menyadari bahaya nya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Setiap menit satu truk sampah dibuang ke laut, sehingga membuat situasi semakin parah. Dan hanya 5% kemasan plastik yang didaur ulang secara efektif. Plastik tidak mudah terurai dan dapat tetap utuh hingga seribu tahun sebelum akhirnya terurai menjadi fragmen mikroplastik kecil yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan, setiap bagian dari plastik yang diproduksi masih ada hingga sekarang.

Plastik tidak hanya terlihat seperti makanan, baunya juga terasa dan terdengar seperti makanan. Kenyataan nya plastik bukan makanan, tapi kenapa hewan laut memakannya? Itulah yang sampai sekarang masih membingungkan para peneliti. Tetapi banyak juga Ilmuwan yang berpikir bahwa hewan laut tertarik memakan plastik karena bentuknya yang dikira seperti makanan dan juga karna baunya yang tercampur dengan bau lautan.

Alasan Hewan Laut Suka Makan Plastik

Sebuah studi baru menjelaskan mengapa begitu banyak burung laut, ikan, paus serta makhluk hewan laut lainnya melahap begitu banyak puing plastik laut. Dan itu tidak seperti yang dipikirkan para ilmuwan.

Ganggang dimakan oleh krill, seekor Crustacea kecil yang merupakan sumber makanan utama sebagian besar burung laut. Karena ganggang rusak secara alami di lautan, mereka mengeluarkan bau belerang, bau yang dikenal sebagai Dimethyl Sulfide (DMS). Burung laut dalam perburuan krill telah belajar tentang bau belerang yang akan menuntun mereka ke tempat makan mereka.

Ternyata puing plastik yang mengapung menyediakan platform sempurna untuk ganggang tumbuh subur. Ketika ganggang tersebut rusak, ia memancarkan bau DMS, burung laut akan mengikuti aroma tersebut untuk mencari krill, menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di dalam Science Advances. Dibandingkan dengan memakan krill, burung laut akhirnya memakan plastik.

Puing-puing plastik telah terakumulasi dengan cepat di lautan dunia, sekitar dua kali lipat setiap dekade. Pada tahun 2014, analisis global mengukur plastik samudera pada seperempat miliar metrik ton, sebagian besar tersuspensi dalam partikel berukuran kecil. Lebih dari 200 spesies hewan telah didokumentasikan mengonsumsi plastik, termasuk kura-kura, paus, anjing laut, burung dan ikan.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa plastik laut dikonsumsi karena terlihat seperti makanan. Penyu laut, misalnya, sering salah mengira kantong plastik bening tipis untuk ubur-ubur. Hewan laut lainnya, termasuk ikan, menggigit potongan plastik mikro berukuran kecil yang dipecah oleh sinar matahari dan aksi gelombang karena mereka menyerupai partikel kecil yang biasanya mereka makan.

Apa Yang Terjadi Ketika Hewan Laut Makan Plastik?

Plastik telah menjadi salah satu bahan paling umum digunakan di dunia. Didalam kehidupan saat ini, plastik dapat ditemukan dimana-mana, termasuk di lautan planet kita ini, yang menyerap sekitar 8,8 juta ton sampah plastik setiap tahun. Setidaknya ada 270.000 ton puing plastik yang diyakini mengambang di permukaan lautan saja, sementara sejumlah “pulau sampah” telah terbentuk di berbagai wilayah dunia. Yang paling terkenal dari ini yaitu “Great Pacific Garbage Patch”, sudah dua kali lebih besar dari negara bagian Texas AS dan jika kita terus memperlakukan lautan sebagai tempat pembuangan kita, situasinya tidak akan membaik dalam waktu dekat.

So, Apa Masalahnya dengan Plastik?

700 spesies laut saat ini terancam punah karena risiko menelan atau terjerat dalam sampah plastik. Burung laut, ikan, lumba-lumba, beruang kutub, penyu, dan bahkan spesies ikan paus terbesar di antara mereka yang terkena dampak. Proses menelan plastik membunuh sekitar 1 juta burung laut dan 100.000 hewan laut lainnya setiap tahun. Melihat hewan yang lebih kecil dalam ekosistem, penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo mengungkapkan bahwa 80 persen dari teri yang ditemukan di teluk Tokyo memiliki mikroplastik, potongan plastik antara 0,1 dan satu milimeter dalam ukuran sistem pencernaan mereka.

Setelah tim memeriksa 64 ikan teri Jepang, mereka menemukan 150 partikel mikroplastik di tabung pencernaan 49 di antaranya. Bahkan, juga diperkirakan bahwa orang yang makan kerang dapat mengkonsumsi hingga 11.000 buah mikroplastik setahun. Beberapa ahli konservasi percaya, bahwa berdasarkan tren saat ini, lautan mungkin mengandung lebih banyak plastik daripada ikan pada tahun 2050.

Mikroplastik sangat berbahaya bagi kesehatan hewan laut dan lautan secara keseluruhan. Partikel-partikel kecil ini, yang biasanya lebih kecil dari satu milimeter, sering terdiri dari kombinasi senyawa kimia berbahaya yang jarang diuji untuk toksisitasnya. Selain itu, potongan-potongan plastik kecil ini memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai “spons beracun”, menyerap berbagai bahan kimia yang mengganggu endokrin (seperti Bisphenol A dan ftalat yang terkenal) dari air di sekitarnya. Menurut Plastic Oceans Foundation: “Ketika dipecah menjadi potongan-potongan kecil, plastik menarik bahan kimia beracun yang dilepaskan selama beberapa dekade dari industri dan pertanian, konsentrasi yang meningkat saat mereka naik ke rantai makanan.”

Dengan kata lain, ketika hewan laut mengkonsumsi mikro kimia yang bermuatan kimia, dan kita mengkonsumsi hewan-hewan itu, bahan kimia ini bisa memiliki efek berbahaya pada tubuh kita. Bisphenol A, misalnya (juga dikenal sebagai BPA) telah terbukti memiliki dampak mengganggu pada sistem endokrin manusia, dan juga telah dikaitkan dengan jenis kanker tertentu, masalah neurologis, pubertas dini, berkurangnya kesuburan wanita, persalinan prematur, dan cacat lahir pada anak-anak yang baru lahir. Phthalates, bahan kimia yang biasanya digunakan untuk membuat barang-barang plastik lebih fleksibel, yang telah dikaitkan dengan pengurangan jumlah sperma, kelainan testis, dan tumor. Jika Anda makan ikan, kemungkinan besar Anda juga mengonsumsi sejumlah besar mikroplastik dan bahan kimia yang mereka tumpangi dengan setiap suapan. Bahkan kikroplastik telah terdeteksi di udara yang kita hirup, menempatkan kita pada risiko sirkulasi yang serius dan juga masalah pernapasan.

5 Hewan Laut Ini Mati Karena Sampah Plastik

Menurut sebuah studi dari Universitas Plymouth, polusi plastik mempengaruhi setidaknya 700 spesies laut, sementara beberapa perkiraan menunjukkan bahwa setidaknya 100 juta mamalia laut dibunuh setiap tahun dari polusi plastik. Berikut adalah beberapa spesies laut yang paling terkena dampak polusi plastik:

1. Sea Turtles

Seperti banyak hewan laut lainnya, penyu laut mengira sampah plastik sebagai sumber makanan yang layak, kadang-kadang menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan mereka. Meskipun populasi penyu laut yang menurun di lautan disebabkan oleh berbagai faktor (kebanyakan yang melibatkan eksploitasi manusia), tetapi polusi plastik juga termasuk berperan penting di dalamnya.

Studi terpisah dari 2013 menunjukkan sebanyak 50 persen penyu laut menelan plastik pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mati karenanya. Studi lain tentang spesies Loggerhead menemukan bahwa 15 persen kura-kura muda yang diteliti menelan sejumlah besar plastik sehingga sistem pencernaan mereka terhambat.

2. Seals and Sea Lions

Kehidupan di laut dapat terjerat dalam berbagai puing-puing laut termasuk jaring ikan, garis dan umpan. Namun, ada sejumlah anjing laut dan singa laut yang terjerat dalam kantong plastik atau balutan plastik yang menyebabkan cedera dan kematian.

Bahkan, pita balutan plastik dan karet gelang sangat mempengaruhi populasi Steller Sea Lion. Sebuah penelitian delapan tahun di Alaska Tenggara dan British Columbia mendokumentasikan 388 singa laut yang terjerat dalam puing-puing plastik. Pita balutan plastik dan karet gelang ini dapat melekat pada hewan, sehingga dapat menyebabkan infeksi dan kematian yang parah.

3. Seabirds

Polusi plastik menyebabkan kematian jutaan spesies burung laut setiap tahun. Bisa dibilang lebih dari burung lainnya, Albatros Laysan telah dipengaruhi oleh puing-puing plastik melalui teknik berburu mereka. Ketika elang laut menyelam ke lautan untuk menangkap ikan, cumi-cumi ataupun makanan lain nya, mereka menggunakan paruhnya untuk melapisi permukaan untuk mengambil plastik di sepanjang jalan.

Yang mengejutkan, sekitar 98 persen dari albatros yang dipelajari ditemukan telah menelan beberapa jenis puing plastik. Setelah plastik telah tertelan, itu menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan dan dapat menusuk organ dalam.

4. Fish

Ikan, bersama dengan hampir semua mamalia laut yang membawa masuk air melalui insangnya, semakin berisiko menjadi puing-puing plastik mikroskopis. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Exeter Inggris menyarankan bahwa sisa-sisa laut mikroskopis bisa memakan waktu hingga enam kali lebih lama bagi hewan untuk membebaskan diri dibandingkan dengan menelan puing-puing secara langsung.

Tentu saja polusi plastik sangat memengaruhi spesies ikan, tetapi tidak seperti hewan lain, ini merupakan salah satu hewan yang juga biasa dimakan oleh manusia. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manusia yang terus mengkonsumsi ikan memiliki satu waktu atau mikrofiber plastik lainnya yang dicerna, termasuk brown trout, cisco, and perch.

5. Whales and Dolphins

Seperti mamalia laut lainnya, paus sering salah mengartikan sisa-sisa laut sebagai sumber makanan potensial. Dalam beberapa spesies, mirip dengan albatros, mulut ikan paus begitu besar sehingga tanpa sadar mengambil puing-puing plastik (teknik yang diamati pada paus balin). Necropsies dilakukan setelah banyak strandings paus melihat peningkatan jumlah puing plastik yang ditemukan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa ratusan spesies cetacea telah terkena dampak negatif oleh polusi plastik dalam dua dekade terakhir. Obstruksi sering menusuk dan merobek lapisan lambung, yang menyebabkan kelaparan dan kematian. Menurut Buletin Pencemaran Laut, cetacea menelan sisa-sisa plastik dengan laju setinggi 31 persen, dan pada gilirannya, 22 persen dari mereka mengalami peningkatan risiko kematian.

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan untuk Membantu itu?

Meskipun manusia harus disalahkan karena polusi plastik, bukan berarti kita tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan perusakan laut ini. So, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menyelamatkan hewan laut:

1. Ganti semua Produk Sekali Pakai Dengan yang Dapat Digunakan Kembali

Pikirkan tentang rutinitas harian Anda, berapa kali Anda menggunakan sesuatu yang terbuat dari plastik dan sekali pakai? Entah itu botol air, peralatan plastik, wadah yang untuk dibawa, sedotan, Q-tips ataupun sikat gigi. Anda mungkin bahkan tidak menyadari berapa banyak barang sekali pakai yang Anda gunakan setiap hari, plastik bisa menjadi hal yang berbahaya. Meskipun mereka mungkin tidak tampak sangat signifikan, ingat bahwa setiap potongan plastik yang Anda buang memiliki potensi untuk berakhir di lautan. Untungnya, ada alternatif yang dapat digunakan kembali untuk hampir semua plastik sekali pakai yang mungkin Anda gunakan. Lihat ReUseIt dan mulailah menendang plastik dari rutinitas Anda!

2. Periksa Produk Pribadi dengan Microbeads

Exfoliant tertentu dan pasta gigi “deep-cleaning” sebenarnya mengandung microbeads plastik kecil. Manik-manik kecil ini dengan mudah melakukan perjalanan melalui sistem penyaringan air dan berakhir di danau, sungai dan lautan. Satu tabung cuci muka dapat berisi sekitar 300.000 manik-manik plastik ini.

Studi telah menemukan ribuan manik-manik plastik di perut ikan dan hewan air lainnya. Plastik ini mengeluarkan racun dan dapat menyebabkan masalah pencernaan pada hewan. Belum lagi, plastik ini dapat melakukan perjalanan ke rantai makanan dan penelitian menunjukkan bahwa ikan yang banyak orang makan sebenarnya mengandung plastik.

Pastikan untuk memeriksa produk perawatan pribadi Anda dengan microbeads. Anda bahkan dapat mengunduh aplikasi berguna ini untuk mencari tahu apakah produk yang Anda gunakan mengandung manik-manik licik ini.

3. Hindari Kain Sintetis

Meskipun Anda mungkin tahu bahwa pakaian dan bahan sintetis tidak terbuat dari serat alami, tetapi apakah Anda tahu bahwa itu sebenarnya berasal dari plastik? Kain rayon, poliester dan nilon terbuat dari ribuan mikrofiber plastik kecil. Meskipun pakaian ini serba guna dan mudah dibersihkan, mereka melepaskan serat plastik setiap kali mereka dimasukkan kedalam mesin cuci. Hampir 1.900 microfiber dilepas dari satu garmen sintetis setiap kali Anda mencucinya. Seperti microbeads, microfiber dapat melewati instalasi pengolahan air tidak berubah dan masuk ke saluran air dan lautan di mana mereka tertelan oleh spesies laut. Menurut ahli ekologi Mark Browne, di seluruh dunia, sekitar 100.000 hewan laut secara tidak sengaja mengonsumsi plastik, seperti mikrofiber, yang menyebarkan racun melalui ekosistem.

Jumlah Plastik di Laut akan Lebih Banyak dari Ikan, Pada Tahun 2050

Sebagai seorang pelaut, Dame Ellen MacArthur telah melihat lebih banyak laut di dunia dibanding orang lain. Sekarang dia memperingatkan bahwa akan ada lebih banyak limbah plastik di lautan dibandingkan ikan pada tahun 2050, kecuali jika kita semua membuat perubahan dari penggunaan produk kemasan plastik. Kantong plastik, botol plastik dari air kemasan dan minuman ringan, dan limbah kemasan makanan patut disalahkan karena prosedur pembuangan sampah yang ilegal.

Sekarang persoalannya telah menjadi sebuah masalah, dimana 11 wilayah seukuran benua di lautan utama dunia tercampur dengan limbah plastik, sebuah zat yang membutuhkan waktu lama hingga ribuan tahun untuk bisa terurai di lingkungan alam. Seratus ribu hewan laut termasuk kura-kura, lumba-lumba, burung dan paus mati karena limbah plastik yang berada pada proporsi epidemik. Di pulau Midway, Samudera Pasifik, 2 pertiga bayi burung laut langsung mati setelah lahir karena konsumsi plastik. “Dari kejauhan tercium bau kematian” kata seorang sumber militer AS yang melakukan perjalanan ke pulau itu secara teratur.

Saat ini, Asia menyumbang sekitar 70%-80% limbah yang dibuang, negara Vietnam, Filipina, Cina, India dan Bangladesh terhitung sebagai negara mayoritas pembuang plastik. Menurut laporan, produksi plastik telah meningkat dua puluh kali sejak tahun 1964, mencapai 500 juta ton pada tahun 2016. Diperkirakan akan menjadi dua kali lipat dalam 20 tahun ke depan dan hampir empat kali lipat pada tahun 2050.

Meskipun permintaan meningkat, hanya 5% plastik yang didaur ulang secara efektif, sementara 40% berakhir di tempat pembuangan akhir dan sisanya di ekosistem rapuh seperti lautan di dunia.

Laporan terbaru mengatakan bahwa setiap tahun “setidaknya 8 juta ton plastik terbuang di laut dimana setara dengan membuang satu truk sampah ke laut setiap menitnya. Jika tidak ada tindakan yang diambil, maka hal ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipat per menit pada tahun 2030 dan empat kali lipat per menit di tahun 2050.

“Dalam perhitungan bisnis, lautan diperkirakan mengandung satu ton plastik untuk setiap tiga ton ikan di tahun 2025 dan pada tahun 2050 akan lebih banyak plastik dibandingkan ikan [oleh weight]”.

Plastik di Laut saat ini dan tahun 2050

Kantong plastik yang dibuang sembarangan dapat terurai di laut, terutama di perairan yang lebih hangat, namun proses tersebut melepaskan bahan kimia beracun yang dapat dicerna oleh ikan dan berakhir dalam rantai makanan manusia.

Laporan menyimpulkan bahwa industri plastik secara komprehensif gagal menangani masalah ini.

Ellen MacArthur telah menjadi seorang advokat untuk ‘circular economy’. MacArthur merupakan orang yang telah memecahkan rekor tercepat mengelilingi dunia pada tahun 2005, dia mengatakan bahwa diperlukan reformasi mendasar. Visinya adalah untuk sebuah “ekonomi plastik yang baru” di mana industri, pemerintah dan warga negara bekerja sama untuk memastikan bahwa plastik tidak pernah menjadi limbah dan mengurangi pencemaran ke dalam sistem alam. “Secara bersama-sama semuanya dapat didaur ulang dan dikembalikan menjadi uang untuk orang lain.”

Nah, jadi itulah sedikit pembahasan kita mengenai hewan laut yang suka makan plastik. So, jika kalian sayang dan peduli terhadap para hewan-hewan laut, mari sama-sama kita membuang sampah pada tempatnya. Dan satu-satunya cara terbaik untuk mengurangi jumlah sampah plastik yaitu dengan mengurangi berbagai macam apapun itu yang berhubungan dengan plastik.